Bagi anda yang ingin membuat sebuah website, keberadaan domain pun tentu saja memiliki peranan yang penting. Mungkin anda akan sering untuk mendengar domain, akan tetapi anda masih belum mengetahui apa itu domain. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa hal tentang domain, mulai dari pengertian, fungsi dan juga jenisnya. Simak selengkapnya mengenai domain yang perlu untuk anda ketahui berikut ini.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Domain

pixabay.com
  1. Pengertian Domain

Untuk anda yang ingin membuat sebuah website, pastinya anda akan menentukan sebuah nama yang baik dan dapat diakses dengan mudah. Nah, hal tersebut adalah yang dimaksud dengan domain. Domain sendiri merupakan nama unik yang diberikan agar lebih mudah untuk mengidentifikasi server agar nantinya anda pun akan lebih mudah untuk mengingatnya. Hal ini dikarenakan dengan mengingat nama domain akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengingat nama IP Address.

Selain itu, apa itu domain juga memiliki keguanan agar website atau aplikasi online anda nantinya akan dapat dengan mudah untuk diakses oleh pengunjung. Untuk itu, ketika anda akan membuat website maka sebaiknya anda pun mulai dengan untuk memikirkan menggunakan domain apa yang sebaiknya anda pakai. Hal ini dikarenakan ketika anda akan mengakses internet, maka pengguna internet akan menggunakan alamat IP yang memiliki angka yang susah dan sulit untuk diingat.

  1. Struktur Sistem Nama Domain Yang Perlu Untuk Anda Tahu

Untuk struktur domain sendiri atau yang biasa dikenal dengan Domain Name System (DNS), maka nama domain pun dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Untuk tingkatan yang pertama adalah Root – Level Domains. Untuk tingkatan domain ini merupakan top level dari hierarki sebuah domain, dimana juga disebut sebagat akar domain. Untuk penggunaannya sendiri pada umumnya akan dilambangkan dengan tanda titik.

Setelah mengerti apa itu domain, maka anda pun juga pastinya perlu untuk memahami struktur sistem nama domain. Untuk tingkatan kedua dari sistem nama domain ini adalah Top – Level Domain. Dimana tingkatan ini merupakan sebuah eksistensi nama domain yang biasanya berada pada bagian akhir setelah tanda titik. Contohnya adalah seperti .com, .net, ataupun .id dan juga sebagainya.

Untuk jenis tingkatan yang ketiga adalah Second – Level Domain, dimana untuk tingkatan ini mempunyai arti yakni sebuah nama domain yang dimana merupakan nama domain yang digunakan setelah adanya Top – Level Domain. Untuk lebih jelasnya, Secong – Level Domain ini berisi tentang nama organisasi, ataupun nama yang ingin anda pakai ketika akan membuat website.

Second – Level Domain ini akan merujuk pada sebuah organisasi yang mendaftarkan nama domainnya kepada sebuah registrar domain. Contohnya adalah seperti yahoo.com, dimana yahoo merupakan Second – Level Domain. Dan untuk .com adalah merupakan Top – Level Domain. Selain itu, beberapa registrar domain pun menunjukkan struktur tingkat hierarki kedua pada TLD yang menunjukkan entitas untuk mendaftarakan SLD yang dibawahnya. Contohnya seperti ac.id.

Setelah anda mengenal apa itu domain, maka akan terdapat yang bernama hostname. Arti dari hostname sendiri merupakan nama komputer yang digunakan oleh sebuah nama domain. Untuk itu, bagi anda yang menggunakan sebuah nama domain yang menggunakan hostname akan menciptakan fully qualified domain name atau FQDN untuk setiap komputer. Contohnya adalah seperti fileserver1.google.com, disini fileserver1 merupakan sebuah hostname, sedangkan untuk google.com adalah sebuah nama domain.

pixabay.com
  1. Jenis Dan Contoh Domain Yang Perlu Untuk Anda Tahu

Untuk domain sendiri pun terdapat beberapa jenisnya yang pastinya akan dibedakan berdasarkan eksistensinya. Untuk jenis domain yang pertama adalah Top Level Domain atau LTD, dimana jenis domain ini merupakan sebuah segmen terkahir dari sebuah nama domain. Untuk TLD sendiri dapat juga dibedakan menjadi dua, yang pertama adalah country code top level domain (ccTLD).

Contohnya adalah seperti .id untuk situs di negara Indonesia, .cn untuk situs di negara China, .us untuk situs di negara Amerika dan juga sebagainya. Sedangkan yang kedua adalah Generic Top Level Domain atau gLTD dimana .biz berlaku untuk situs bisnis, .edu berlaku untuk situs pendidikan, .com berlaku untuk situs okmersial, .mil berlaku untuk situs militer, .gove berlaku untuk sistem pemerintahan dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, ketika anda telah mengerti apa itu domain maka anda pun nantinya juga akan mengenal jenis domain berikutnya. Second Level Domain atau SLD merupakan nama domain yag telah didaftarkan oleh seseorang ataupun instansi tertentu untuk website mereka. Untuk urutanya sendiri, second level domain ini mempunyai posisi tepat di bawah top level domain. Contohnya adalah seperti google.com, dimana google merupakan second level domain dan .com dalah top level domain.

Untuk jenis yang ketiga adalah third level domain, dimana jenis ini merupakan nama domain yang berada sebelum SLD atau TLD yang juga sering disebut dengan sub domain. Untuk jenis domain ini pada umumnya akan digunakan untuk keperluan tertentu, seperti untuk membuat email. Contoh dari third level domain ini adalah mail.google.com, dimana mail merupakan sebuah third level domain.

  1. Fungsi Domain

Sedangkan untuk fungsi dari adanya domain sendiri adalah sebagai perwakilan dari identitas di pemilik. Dimana domain pada website ini akan berguna untuk mewakili identitas si pemilik website. Sedangkan fungsi yang kedua adalah domain juga berguna sebagai identitas dari bentuk kegiatan ataupun organisasi. Hal ini seperti ketika anda mendengar nama kaskus maka yang teringat dalam benak anda adalah sebuat situs forum yang terbesar di Indonesia.

Sedangkan ketika anda telah mengetahui apa itu domain, maka anda pun tentu saja akan mengerti untuk apa domain tersebut berfungsi. Domain disini pun juga berfungsi sebagai nama unik untuk sebuha situs ataupun website. Untuk itu, kegunaan domain sendiri adalah sebagai pengganti alamat IP ang membingungkan. Untuk itu, anda pun bisa mencoba untuk mengakses kaskus.co.id.ipaddress.com, dimana nantinya anda akan menemukan dan mengetahui alamat IP domain dari situs tersebut.

Untuk itu, setelah anda mengetahui domain maka anda pun nantinya akan mengetahui cara untuk membuat website. Bagi anda yang ingin berlangganan web hosting dengan harga yang terjangkau, maka anda pun bisa menggunakan dan mengunjungi promohosting.id dikarenakan ketika anda mengunjunginya maka anda pun bisa mendapatkan potongan harga dan juga diskon yang pastinya akan menguntungkan untuk anda.