5 Aplikasi Pencegah Laptop Panas Yang Wajib Kamu Tahu

Menggunakan laptop untuk bekerja atau bermain game secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, tentu akan membuat suhu laptop cepat panas. Jika dibiarkan tanpa dicari solusinya, maka lama kelamaan kondisi ini akan mempengaruhi performa laptopmu. Suhu panas berlebihan yang dihasilkan bisa beresiko membuat kinerja laptop menurun, dan bahkan mengalami kerusakan. Sudah tahukah kamu aplikasi pencegah laptop panas?

Biasanya kebanyakan orang menggunakan kipas pendingin atau notebook cooler, sebagai alas laptop untuk membantu menjaga suhunya tetap normal. Namun kipas pendingin yang harus disambungkan dengan kabel USB ini terbilang kurang praktis, karena kamu harus melepas dan memasang ulang kabelnya ketika berpindah tempat. Agar lebih efisien, yuk unduh 5 aplikasi untuk menjaga suhu laptop berikut ini.

Aplikasi Yang Wajib Kamu Punya Untuk Mendinginkan Suhu Laptop

pexels.com
  1. SpeedFan

Tidak seperti notebook cooler atau kipas laptop, aplikasi SpeedFan sama sekali tidak mengeluarkan suara bising sehingga bisa membuatmu lebih nyaman saat memakai laptop. Aplikasi pendingin suhu laptop ini bisa digunakan di hampir semua versi Windows, mulai dari Windows 2000, Windows 2003, Windows XP, Windows Vista, bahkan Windows 8 dan Windows 10. Jadi kamu tidak perlu repot menyesuaikan cara kerja aplikasi SpeedFan dengan Windows di laptopmu.

Aplikasi yang dirancang memiliki akses langsung ke sensor suhu digital pada laptop ini, mempunyai segudang fungsi yang sangat dibutuhkan laptomu. Fungsi SpeedFan diantaranya untuk menyalakan kipas pendingin pada laptop, mengatur kecepatan kipasnya, memonitor temperatur laptop, serta mengaturb voltasenya.  Kamu bisa mengunduh aplikasi pencegah laptop panas SpeedFan ini dari berbagai sumber di internet, secara mudah dan gratis.

  1. Real Temp

Aplikasi berikutnya yang berfungsi sebagai cooler atau pendingin laptop, adalah Real Temp yang juga dirancang cocok untuk digunakan di semua proses Intel. Real Temp bisa diaplikasikan di Intel Single Core, Dual Core, Quad Core, dan bahkan Core i7, dan dilengkapi dengan Digital Thermol Sensore (DTS) untuk mengetahui besar temperatur di laptopmu. Real Temp pada Intel Quad Core bahkan dapat memberi deskripsi detil tentang suhu laptop.

Aplikasi Real Temp ini merupakan salah satu pendingin laptop yang sangat cocok, buat kamu yang lebih sering menggunakan laptop untuk gaming. Game online dan offline akan menguras energi dan meningkatkan temperatur laptop, sehingga kerja laptop menjadi lebih berat dan cepat panas. Maka kamu wajib memasang Real Temp di laptopmu, agar bisa bermain game lebih nyaman dan tenang.

Kelebihan aplikasi pencegah laptop panas Real Temp adalah fitur alarm, yang menampilkan notifikasi ketika suhu CPU komputer atau laptopmu sudah mendekati ambang kritis atau panas maksimal. Real Temp juga mampu menunjukkan serta mengatur batas T-junction, agar kamu tahu batas maksimal panas temperatur yang bisa diterima prosesor laptopmu. Itulah alasannya kenapa para gamers wajib memiliki Real Temp pada komputer atau laptop.

pexels.com
  1. Core Temp

Mengambil rujukan dari web harapanrakyat.com, aplikasi pendingin suhu laptop Core Temp merupakan salah satu pilihan aplikasi pendingin yang ringan dan tampilannya sederhana. Meski demikian Core Temp memiliki peranan yang cukup besar, untuk memonitor suhu prosesor laptopmu secara lebih akurat. Kamu bahkan bisa mengetahui apakah ada kerusakan atau infeksi virus di dalam sistem laptopmu.

Core Temp memiliki sejumlah fitur yang multifungsi, diantaranya menampilkan suhu pada setiap inti laptop serta mengukur kerja prosesor laptop. Selain disupport dengan sistem 32 dan 64 bit, aplikasi Core Temp juga menggunakan bentuk font dan pilihan warna yang sangat menarik sebagai penunjuk temperatur laptop. Sama halnya dengan yang lain, aplikasi pencegah laptop panas yang satu ini juga bisa digunakan di hampir semua prosesor, Single Core, Dual Core, atau bahkan Core i3, i5 dan i7.

Selain itu aplikasi Core Temp juga dilengkapi dengan fitur Overheat Protection, untuk menampilkan notifikasi jika suhu laptopmu terlampau panas. Program yang sedang berjalan yang memaksa beban kerja laptop di batas kemampuannya, akan langsung dihentikan saat itu juga untuk mengembalikan suhu laptop ke temperatur normalnya. Kamu yang suka bermain game dan menggunakan aplikasi yang cukup berat, wajib menginstall Core Temp di komputer atau laptopmu.

  1. HWMonitor

Aplikasi berikutnya yang sangat cocok digunakan di hampir semua CPU adalah aplikasi HWMonitor. Sama halnya dengan aplikasi pencegah laptop panas yang lain, HWMonitor juga memiliki lebih dari satu fungsi penting diantaranya untuk mengatur kecepatan kipas pendingin, memonitor voltase, serta mengontrol temperatur laptop selama digunakan. Aplikasi ini digadang gadang sebagai software pendingin yang paling lengkap.

Aplikasi yang masih terus dikembangkan untuk meningkatkan akurasi monitor ini, tidak memiliki fitur notifikasi karena terus bekerja mengontrol temperatur. HWMonitor mampu memantau temperatur laptop secara lebih detil, hingga ke semua komponen dan sub komponen perangkat keras laptop atau komputermu sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan relevan.

  1. CPU Thermometer

Aplikasi pencegah laptop panas berikutnya merupakan software cooler notebook yang super ringan. Ukuran aplikasi yang tidak banyak menyita ruang memori, membuat software CPU Thermometer ini cocok digunakan pada laptop gaming untuk sekedar mengetahui suhu dan performa CPU saja. Tampilan software CPU Thermometer ini juga sangat simpel, karena tidak memiliki terlalu banyak fitur yang kompleks dibandingkan aplikasi pendingin lainnya.

Software CPU Thermometer ini hanya menampilkan suhu pada setiap inti laptop atau komputer, clock speed, dan juga menunjukkan seberapa besar daya atau beban kerja selama laptop digunakan. Untuk kamu yang tidak ingin menggunakan aplikasi pendingin laptop yang besar, CPU Thermometer adalah alternatif pendingin laptop yang tepat. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di berbagai situs di internet.

Kamu bisa memilih software pencegah laptop cepat panas yang paling sesuai dengan kapasitas memori laptop, serta kebutuhan pekerjaan yang kamu gunakan. Sebaiknya juga kamu menggunakan laptop seperlunya dan tidak memaksakan beban kerja yang terlalu berat, agar laptop dan komputermu tetap awet, tidak gampang panas, serta tidak cepat rusak. Jadi software mana  yang akan kamu install untuk laptopmu?

Write a comment