Setiap pemilik hewan peliharaan, tentu berharap hewan kesayangannya bertumbuh dengan maksimal. Lebih dari itu, hewan peliharaan diharapkan dapat menunjukkan bakat-bakatnya dengan baik. Contohnya, Cucak Hijau yang terkenal dengan suaranya, diharap dapat mengeluarkan suara yang merdu atau gacor. Namun tahukah anda, bahwa semuanya itu dapat terlaksana jika perawatan dilakukan dengan maksimal?

Walaupun sudah lama dipelihara, tidak banyak yang mengetahui cara merawat burung cucak warna hijau. Akibatnya bermunculan berbagai kesalahan dan akibat yang buruk untuk burung. Salah satunya, burung tidak dapat bersuara gacor seperti yang diharapkan. Untuk mencegah hal ini terjadi pada peliharaan anda, sebaiknya ikuti beberapa cara perawatan yang akan dijelaskan di bagian berikutnya.

5 Cara Perawatan Cucak Hijau

Inilah beberapa bagian yang harus diperhatikan agar burung jenis cucak dapat mengeluarkan suara yang maksimal. Perhatikan dan terapkan secara langsung, tips-tips dibawah ini

Pemilihan Sangkar

Perawatan utama yang harus dilakukan adalah pemilihan sangkar yang tepat. Sangkar yang cocok untuk burung ini adalah yang tidak berukuran terlalu besar maupun tidak terlalu kecil. Hal ini agar burung dapat bergerak secara leluasa. Jangan lupa masukkan pula wadah mandi, karena burung jenis cucak, dikenal memiliki hobi untuk madi secara mandiri.

pickupimage.com

Pemasteran Burung

Tips lain yang harus dilakukan adalah melakukan pemasteran. Pemasteran dapat dilakukan secara berulang, baik dilakukan pagi, siang maupun sore hari. Namun usahakan untuk melakukannya setelah burung selesai dimandikan. Pemasteran dapat dilakukan dengan memanfaatkan burung dengan jenis sama yang sudah gacor atau memanfaatkan MP3 yang ada di pengicau.net.

Mandi Teratur

Walaupun sudah disediakan wadah mandi, anda tetap harus melakukan kegiatan memandikan pada burung ini. Namun, semuanya disesuaikan dengan kebiasaan dari burung. Jika burung senang mandi sendiri, sediakanlah wadah mandi. Jika tidak, mandikan burung secara teratur di pagi dan sore hari. Setelah usai, lakukan penjemuran dengan mengangin-anginkannya.

Kebersihan Sangkar

Kehidupan burung lebih banyak dilakukan didalam sangkar. Karenanya, kebersihan sangkar adalah hal yang penting diperhatikan. Untuk melakukannya, anda harus membersihkan sangkar setiap harinya. Sangkar yang bersih akan memberikan rasa nyaman pada burung. Hal ini akan membantu agar proses pemasteran dapat berjalan dengan lancar.

Pemilihan Pakan

Terakhir, anda harus memilih jenis pakan yang tepat untuk burung yang dipelihara. Setiap burung memiliki pilihan makanannya tersendiri. Untuk itu, penting untuk memahami jenis makanan mana yang disukai oleh burung. Pilihan makanan yang dapat diberikan adalah buah-buahan segar.

Namun tidak semua jenis buah-buahan dapat dijadikan makanan untuk burung Cucak. Untuk lebih mengetahui berbagai jenis buah dan makanan lain yang dapat dikonsumsinya, ada harus melanjutkan pembacaan pada bagian berikutnya.

pickupimage.com

Ragam Makanan Yang Cocok untuk Cucak Hijau

Inilah beberapa pilihan makanan yang cocok untuk membuat burung Cucak memiliki suara yang gacor. Berikan makanan ini secara berkala dan dapatkan hasilnya, berikut ulasan jelasnya

Buah Pepaya

Buah pepaya adalah pilihan makanan terbaik untuk diberikan pada burung cucak. Setelah mengonsumsi Pepaya, burung akan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Pepaya juga akan melancarkan sistem percernaan burung. Jadi, burung tidak akan mengalami sakit pada pencernaan maupun penyakit-penyakit lainnya.

Ulat Hongkong

Mekanan lainnya yang dapat diberikan pada burung adalah Ulat Hongkong. Ulat Hongkong dapat diberikan asalkan waktu pemberiannya tepat. Jika diberikan secara berlebihan, dapat menimbulkan katarak pada burung. Sebelum diberikan, pastikan pula bahwa bagian kepala ulat telah dibuang. Karena kepala ulat cukup keras dan dapat menganggu pencernaan.

Kroto

Kroto adalah makanan kaya protein yang cocok diberikan untuk burung. Protein tinggi cocok diberikan untuk meningkatkan kualitas suara burung. Namun, pemberiannya harus berhati-hati. Di mana, pemberian kroto secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh pada burung. Jika terjadi, burung dapat menjadi emosional.

Poor

Makanan berikutnya adalah Poor atau Voer. Makanan ini memiliki kandungan nutrisi, mineral dan zat lainnya yang cocok untuk Cucok Ijo. Anda dapat memilih voer dengan kadar protein sedang sebagai pilihan. Kemudian, usahakan agar tidak mengganti-ganti merek voer yang digunakan. Karena dapat mempengaruhi kecerahan warna bulu burung.

pickupimage.com

Pisang Kapok

Banyak pemilik burung yang menggantikan Pepaya dengan Pisang Kepok. Anda juga dapat melakukan hal ini. Karena Pisang Kapok juga memiliki banyak manfaat untuk burung. Jadi, pilihan buah ini dapat dijadikan selingan untuk mencegah burung merasa bosan dengan makanan. Jika burung bosan, ada kemungkinan nafsu makan menurun dan mempengaruhi kicauannya.

Pir

Satu lagi buah yang disukai oleh Cucak Ijo adalah buah Pir. Buah yang memiliki banyak air ini memiliki banyak vitamin yang cocok untuk burung. Serta membantu agar suara kicauan lebih baik dan gacor. Tidak perlu terlalu sering, anda dapat memberikan buah pir seminggu sekali sebagai selingan.

Perawatan adalah hal yang penting bagi hewan peliharaan. Namun untuk burung Cucak Hijau, tidak perlu terlalu khawatir. Karena burung ini dikenal sebagai burung yang mandiri dan perawatannya mudah. Mencari informasi lain tentang burung-burung gacor? Pengicau.net dapat berikan informasi menarik untuk anda.