Turunnya Al Qur’an ke bumi, menjadi sebuah mukjizat terbesar yang dirasakan oleh Muhamad SAW. Berisikan firman Allah yang begitu mulia, ayat suci ini mencangkup berbagai aspek menurut pandangan islam. Isi yang terkandung di dalamnya tak perlu diragukan, sebab kebenarannya akan datang tak disangka. Sehingga tidak mengherankan bila Al Qur’an, begitu istimewa dan tidak tergantikan dengan apapun. Apa saja keistimewaan Alquran?

Letak Keistimewaan Dari Al Qur’an

  1. Memberkan Petunjuk Serta Bimbingan Kepada Hambanya

Dianggap sebagai pedoman hidup manusia selama tinggal di dunia, Al Qu’an memang sengaja diturunkan Allah SWT kepada para hambanya agar tidak tersesat di tengah perjalan. Dengan sifat alami manusia yang pelupa, Al Qur’an hadir sebagai pengingat sekaligus peringatan agar tidak lupa untuk terus berkomunikasi dengan sang pencipta. Isi dari kitab suci ini tidak perlu diragukan kebenarannya, maka dari itu perlu untuk menjaga keistimewaan Al Qur’an.

Allah SWT telah berfirman, bila sesungguhnya Kami (Allah) telah menurunkan peringatan (Al Qur’an) dan sesungguhnya Kami pasti melindunginya (dari kepalsuan) (Q.S. Al Hijr : 9). Berdasarkan firman tersebut, setiap hamba Nya yang telah membaca dan mengetahui arti setiap ayatnya, seharusnya sudah bisa membedakan mana yang haq dan mana yang batil. Dengan keistimewaan Alquran, mereka tidak akan terlena dengan nikmat dunia dengan mudah

pxhere.com
  1. Memuat Ringkasan Dari Beberapa Kitab Suci Agama Lain

Agama Islam memang lahir belakangan jika dibandingkan dengan agama lainnya, sehingga tidak mengherankan bila kehadirannya dapat menyempurnakan agama sebelumnya. Jika anda perhatikan, Al Qur’an yang diturunkan ke bumi berupa ringkasan dari beberapa ajaran ketuhan yang dimuat di beberapa kitab suci agama lain. Mulai dari kitab Zabur, Taurat, Injil, dan masih banyak lagi lainnya, sekaligus sebagai ajarran ajaran Allah yang berbentuk layaknya wasiat.

Bahkan dapat dikatakan bahwa, Al Qur’an menjadi pengkokoh perihal kebenaran yang terkandung dalam beberapa kita suci terdahulu. Dimana hal tersebut masih berkaitan erat dengan peribadatan kepada Allah SWT, kepada para rasul, berakhlak luhur, berbudi mulia, hingga membenarnya adanya balasan hari kiamat. Oleh karenanya, kebenaran akan isi kitab suci ini tak perlu lagi diragukan.

Allah SWT berfirman, bahwa telah menurunkan al Qur’an kepada Muhammad SAW untuk membenarkan isi serta menjaga kitab dari yang terdahulu. Maka dari itu, hendaknya putuskan hukum diantara sesama mereka berdasarkan dari apa yang telah diturunkan oleh Allah. Janganlah mengikuti nafsu mereka yang membelokkan dirimu dari sebuah kebenaran yang sudah jelas datang kepadamu. Untuk setiap individu, Allah telah tetapkan aturan serta jalan lurus (Q.S. Al Maidah : 48).

Berdasarkan dari firman tersebut, sudah jelas bahwa Allah  berikan keistimewaan Alquran ketika menurunkan kitab suci tersebut kepada nabi Muhammad SAW. Dimana isi kitab tersebut membenarkan dari isi berbagai kitab suci yang diturunkan sebelumnya, ketika Al Qur’an belum turun di bumi. Sehingga tak heran bila isinya menetapkan mana yang benar, dan mana yang mendapatkan perubahan ataupun penyimpanan dari yang asli.

Jika dilihat dari ayat tersebut, Allah SWT juga memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk memutuskan segala persoalan diantara umat manusia menggunakan hukum Al Qur’an. Tak hanya berlaku untuk permasalahan umat muslim semata, Al Qur’an bisa menjadi pedoman bagi meluruskan masalah yang timbul di kalangan umat agama lain. Dengan meluruskan sebenar benarnya, diharapkan manusia tidak mengikuti hawa nafsunya sendiri.

Yang membuat Al Qur’an semakin istimewa dibandingkan dengan kitab lainnya, sebab di kitab suci ini telah diberikan syariat serta jalan berdasarkan berbagai hukum amaliah yang sesuai persiapan serta kemampuan para hambaNya. Persoalan yang diulas pun cukup lengkap seperti persoalan sopan santun, akidah, ibadah, hingga yang halal dan haram. Lengkapnya pembahasan di dalamnya, manusia hendaknya tidak meragukan akan keistimewaan Alquran.

pxhere.com
  1. Al Qur’an Akan Tetap Abadi

Tak seperti ilmu pengetahuan yang bisa berubah seiring berjalannya waktu, untuk menyesuaikan setiap kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Ketika ilmu pengetahuan terus memperbarui dirinya, hakikat Al Qur’an akan tetap seperti itu tanpa adanya perubahan. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi ? Sebab Al Qur’an sendiri merupakan kumpulan firman Allah, sedangkan segala bentuk alam semesta ini merupakan karya Nya.

Mengetahui hal tersebut, sudah dipastikan bila keistimewaan Al Qur’an tak akan bertentangan antara satu dengan yang lain. Bahkan Al Qur’an ada kecenderungan untuk membenarkan yang lain, daripada dikatakan bertentangan. Jika dilihat dari sudut ini, mungkin anda menyadari atau pernah menyaksikan langsung berbagai kebenaran yang ditemukan pada ilmu pengetahuan modern.

Adanya kecocokan dari ilmu pengetahuan modern dengan apa yang sudah terkandung di dalam Al Qur’an sejak dahulu, menjadi pertanda adanya kekuasaan Allah serta keistimewaan Alquran. Sehingga apapun yang telah ditemukan di masa mendatang, sebenarnya merupakan memperkokoh serta merealisir kebenaran atas firman Allah yang telah jauh hari tercantum di dalam Al Qur’an.

Allah SWT bersabda, bila manusia kelak kan menemukan berbagai bukti nyata akan kekuasanNya di seluruh penjuru dunia. Bahkan kebenaran tersebut salah satunya adalah keberadaan mereka sendiri hingga mengatakan bila apa yang tertuang dalam Al Qur’an merupakan suatu kebenaran. Bahkan Allah berfirman apakah belum cukup ketika Tuhan mereka Maha Menyaksikan segala sesuatu yang tertulis di Q.S. Fushshilat : 53.

pxhere.com
  1. Al Qur’an Miliki Pengaruh Kuat Kepada Segala CiptaanNya

Pengaruh Al Qur’an kepada ciptaanNya terasa begitu kuat, bahkan dengan mendengarkannya saja akan ada efek positif didapatnya. Jika diperhatikan, banyak kaum musyrikin yang kemudian terpengaruh dengan Al Qur’an dan kemudian pindahlah mereka menjadi umat Islam. Bahkan di jaman modern, Nasrani masuk Islam karena terpengaruh lantunan ayat suci ketika mendengarkan kaset. Oleh karenanya, tak ada yang bisa menandingi keistimewaan Alquran.

Disebut sebagai mukizat tak tergantikan, kitab suci ini tak akan pernah sanggup digantikan dengan berbagai teknologi apapun hingga akhir zaman. Mengetahui akan keistimewaan dari kitab suci umat Islam, tidak ada alasan bagi hambaNya untuk tidak membaca ataupun menghafalnya. Salah satu pesantren tahfidz quran putri yang bisa mengajarkan anak membaca Al Qur’an serta tajwid dengan tepat adalah Ummu Habibah.