Skip to content

6 Manfaat Menutup Aurat Jika Ditinjau Dari Segi Medis

  • by

Tanpa Anda sadari ternyata begitu besar manfaat menutup aurat. Di dalam Islam sangat jelas diterangkan jika hukum menutup aurat adalah wajib. Diwajibkannya menutup aurat tentunya bukan tanpa sebab. Pasti ada faktor atau alasan dibalik semua itu.

Namun terlepas dari itu semua, ternyata tanpa disadari begitu besar manfaat dari menutup aurat. Dan itu semua berlaku baik untuk laki-laki dan perempuan. Misalnya saja manfaat menjaga aurat jika ditinjau dari segi medis.

Pentingnya Menjaga Aurat

Di dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, Ahmad, Turuzi, dan Abu Daud sangat jelas dijelaskan bahwa Rasulullah SAW. melarang seorang laki-laki melihat auratnya laki-laki lain, begitupun juga perempuan. Selain itu seorang laki-laki juga tidak boleh bercampur dengan laki-laki lain dalam satu pakaian. Hal ini juga berlaku untuk perempuan.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah semua aurat yang haram dilihat, baik dilihat maupun disentuh adalah dengan syarat dalam keadaan normal. Artinya tidak terpaksa dan tidak memerlukan. Namun jika dalam keadaan terpaksa misalnya seperti untuk mengobati, maka keharaman tersebut menjadi hilang.

Tapi diperbolehkan melihat aurat tersebut dengan syarat tidak akan menimbulkan fitnah serta tidak ada syahwat. Artinya jika menimbulkan fitnah dan ada syahwat maka secara otomatis kebolehan tersebut akan hilang.

pxhere.com

Manfaat Menutup Aurat Untuk Kesehatan

Menurut National Cancer PAQ Statement, dibanding lelaki, kandungan melamin dalam tubuh perempuan lebih sedikit. Artinya kulit perempuan lebih perlu dilindungi dari sengatan sinar matahari.

Maka dari itu, menutup aurat seperti halnya dengan cara mengenakan gamis modern akan memberi banyak manfaat bagi para muslimah. Memangnya apa saja manfaat menjaga aurat dari segi kesehatan? Terlebih lagi untuk para muslimah.

  1. Terlindung Dari Sinar Matahari Langsung

Jika dilihat kondisi cuaca saat ini, dimana paparan sinar matahari tidak terfilter dengan baik ke bumi. Dan sinar matahari yang langsung menyengat kulit beresiko besar memunculkan flek hitam, kulit kering, hingga terbakar.

Di sisi lain, para muslimah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan kulit. Sebab perawatan kulit biasanya dibutuhkan pada saat kulit tubuh sering terpapar sinar matahari langsung.

  1. Mencegah Penyakit Kulit

Kulit manusia terdiri dari epidermis, dermis, dan subcotaneus layers. Fakta membutikan jika banyaknya penyakit kulit karena sinar matahari secara langsung terkena kulit, terutama sinar UV.

Terlebih lagi saat ini banyak lapisan ozon yang berkurang. Kondisi ini membuat semakin banyak sinar UV yang masuk ke bumi. Lapisan ozon ini berfungsi utuk menyerap sinar bergelombang pendek supaya tidak mengenai bumi.

Sinar UV ini merupakan sinar tak tampak yang merupakan bagian dari energi yang dipancarkan oleh matahari. Artinya dengan selalu menutup aurat, Anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit.

pxhere.com
  1. Mencegah Kanker Kulit

Faktanya semua jenis kanker kulit diakibatkan terkena sinar matahari, terutama sinar matahari pada jam 10 sampai dengan 4 sore. Banyak penelitian yang membuktikan jika ternyata sinar UV dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit lalu mengubahnya menjadi tumor kanker.

Artinya dengan Anda selalu menutup aurat dengan baik, potensi bagian tubuh Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung menjadi terhindarkan. Ternyata selain untuk melaksanakan perintah agama, menutup aurat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

  1. Mencegah Flek Hitam

Terkena sinar matahari secara langsung berpotensi menimbulkan flek hitam pada kulit. Artinya dengan cara menutup aurat, Anda bisa meminimalisir sekecil mungkin kulit Anda mengalami flek hitam.

pxhere.com
  1. Mencegah Penuaan Dini

Pancaran sinar matahari secara langsung berpotensi membuat kulit mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan sinar UV bisa menjadi penyebab kerusakan pada serat kulit yang sering disebut dengan alastin. Dan seiring berjalannya waktu, kerusakan serat kulit ini akan membuat kulit melorot, meregang, dan setelah itu keelastisannyapun akan hilang.

  1. Mencegah Munculnya Bintik-Bintik Pada Kulit

Perlu Anda ketahui jika ternyata sinar matahari juga menjadi pemicu bintik-bintik pada kulit. Terlebih lagi pada ras kulit putih. Dan bintik-bintik ini akan semakin tampak terlihat ketika sering terpapar sinar matahari secara langsung.

Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak, masih saja ada yang enggan menutup auratnya dengan baik. Banyak alasan, mulai dari yang panas, kurang kekinian, dan lain sebagainya.

Jika itu yang menjadi alasannya, memilih pakaian kekinian yang nyaman dikenakan pada saat di luar ruangan bisa menjadi solusinya. Misalnya saja seperti mengenakan gamis modern. Terlebih lagi jika mempertimbangkan begitu besarnya manfaat menutup aurat bagi kesehatan.