Kaum millennial sekarang ini pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam aplikasi edit foto terutama untuk Android. Tanpa mengedit foto terlebih dahulu saat upload di media sosial, seperti kurang percaya diri / ada yang kurang.

Ini banyak dipercaya, karena memberikan sentuhan terakhir, seperti mengatur kecerahan atau membubuhkan filter pada sebuah foto, dapat menjadikannya lebih menarik dan enak dilihat. Oleh karena itu, di sini sudah terangkum beberapa aplikasi edit foto terbaik di Android yang dapat dicoba untuk membuat foto, atau gambar apapun, menjadi lebih likeable.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto pertama yang akan dibahas adalah Adobe Lightroom. Aplikasi dari Adobe ini menyediakan fitur untuk mengatur warna dan juga kecerahan pada foto yang sedang diedit, dan tentunya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, disediakan juga alat dasar, atau tool, untuk memutar dan memotong foto.

Aplikasi edit foto ini populer karena hasil akhirnya dapat membuat foto menjadi lebih hidup dan berkesan. Preset yang digunakan juga dapat diatur ulang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Lightroom yang juga tersedia untuk PC serta web, membuat preset-preset tersebut juga dapat disimpan dan disinkronkan ke semua perangkat melalui akun Adobe Creative Cloud.

Adobe Lightroom di Android juga menawarkan beberapa fitur premium, seperti Selective, Healing, dan Geometry. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna yang sudah berlangganan paket Creative Cloud. Namun, Adobe juga menyediakan masa uji coba selama 30 hari bagi pengguna yang ingin mencobanya.

pixabay.com

Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Google, yang menurut Play Store, termasuk sebagai aplikasi edit foto profesional. Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang sederhana, membuat seluruh fitur yang ditawarkan lebih mudah digunakan.

Snapseed memiliki 29 alat dan filter, ada Details, Crop, Rotate, Healing, Brush, Structure, HDR, dan Perspective. Semua filter yang diterapkan juga dapat diatur ulang sesuai dengan selera pengguna. Selain itu, Snapseed juga mendukung foto dengan format RAW dan DNG, dan dapat mengekspornya ke format JPG.

Yang paling penting dan menarik, ialah, Snapseed dapat diunduh secara gratis, dan tidak berisi iklan. Semua fitur yang ditawarkan dapat digunakan secara gratis pada aplikasi edit foto ini.

Adobe Photoshop Express

Dulu, ketika ada foto yang diedit, pasti aplikasi yang pertama kali ada di benak pengguna ialah Photoshop. Mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, Adobe juga telah mengembangkan aplikasi legendaris tersebut untuk perangkat Android, meskipun ada imbuhan kata Express di belakangnya.

Selain memiliki alat dasar seperti Crop, Rotate, et cetera et cetera, Adobe Photoshop Express juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti Auto-Fix yang dapat memberikan penyesuaian, atau adjustment, pada foto dengan sekali sentuhan. Lalu ada Blemish Removal untuk menghilangkan kotoran dari foto. Juga ada Corrections untuk mengatur kontras, eksposur, temperatur, dan sejenisnya

Adobe Photoshop Express memiliki kurang lebih 80 filter yang dapat digunakan untuk memberikan hasil foto yang berbeda terhadap penggunanya. Adobe Photoshop Express juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat kolase foto.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur eksklusif yang dapat diakses ketika pengguna telah masuk menggunakan akun Adobe. Meskipun begitu, semua fitur nya sudah dikemas sederhana, membuatnya mudah dan cepat untuk digunakan.

pixabay.com

Tips Memilih Aplikasi Edit Foto

Sesuaikan dengan Kemampuan Smartphone

Agar proses melakukan editing foto bisa lancar baiknya sebelum memilih aplikasi edit foto lihat dulu keterangan aplikasi lebih rinci. Sesuaikan dengan kemampuan smartphone Anda, sehingga saat digunakan aplikasi tidak sampai mati di tengah jalan.

Perhatikan Rating

Agar bisa mendapatkan aplikasi untuk editing foto yang bagus coba perhatikan rating dari aplikasi yang akan Anda install pada smartphone. Semakin tinggi rating artinya aplikasi tersebut bukan aplikasi abal-abal dan bisa memberikan hasil akhir yang bagus pada foto yang diedit.

pixabay.com

Lihat Review

Jika sudah melihat tingkat rating, selanjutnya jangan malas untuk membaca beberapa review atau komentar dari pengguna yang sudah pernah menginstal aplikasi tersebut pada smartphone mereka. Biasanya ada banyak review baik itu yang positif dan negative. Dari sana Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.

Untuk tahu lebih banyak mengenai dunia editing foto, Anda bisa mengunjungi situs Leskompi. Di sana ada banyak informasi menarik dan tentunya bisa menambah wawasan Anda tentang dunia teknologi yang salah satunya tentang editing foto. Tidak ada salahnya menambah ilmu di bidang teknologi?

4 Aplikasi Edit Foto Terpopuler Saat Ini
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Example Widget

This is an example widget to show how the Left sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.

Example Widget

This is an example widget to show how the Right sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.