Apakah kamu pernah makan kurma medjool? Salah satu jenis kurma ini rasanya manis dan ukuranya lebih besar dibanding jenis lainya. Kurma medjool termasuk salah satu jenis kurma yang banyak diminati, kurma ini tersedia di tanah air. Berikut ini fakta fakta menarik tentang kurma medjool yang mungkin perlu kamu ketahui.

pixabay.com

Fakta 1, Berasal Dari Amerika Serikat

Fakta pertama tentang kurma medjool, ternyata berasal dari Amerika Serikat, bukan dari Timur Tengah.

Jika kebanyakan kurma yang ada di Indonesia berasal dari timur tengah. Maka berbeda dengan kurma medjool. Kurma satu ini ternyata berasal dari Arizona, negara bagian Amerika Serikat. Rasa kurma medjool juga agak berbeda dari beberapa kurma timur tengah seperti kurma amer hajj, kurma ajwa, kurma lulu, dan sebagainya.

Untuk membeli kurma medjool kamu tidak perlu jauh jauh ke Amerika. Karena di Indonesia juga tersedia. Kebanyakan kurma di Indonesia memang impor.

Fakta 2, Berasal Dibawa Dari Maroko

Meski dikenal sebagai kurma Amerika Serikat, ternyata kurma medjool berasal dari Maroko, sebuah negara dikawasan timur tengah. Sejarahnya, kurma ini dibawa oleh misionaris spanyol ke bagian pesisir barat Amerika pada tahun 1700san. Kemudian mulai diperkenalkan secara luas dinegara ini pada tahun 1927 sampai akhirnya dikenal sebagai kurma amerika.

Fakta 3, Rasanya Lezat

Semua jenis kurma memiliki rasa lezat sehingga diminati banyak orang. Salah satunya kurma ajwa yang sangat populer. Selain rasanya nikmat, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain ajwa, kurma medjool pun rasanya tak kalah manis dan lezat lantaran ditanam dikawasan dan bersuhu gurun di Yuma, Arizona Amerika Serikat. Kondisi kawasan ini menyerupai karakteristik tanah gurun timur tengah. Karakteristik tempat tanam ini membuat kurma medjool rasanya manis dan lezat layaknya kurma dari timur tengah.

Fakta 4, Ukuran jumbo

Kurma medjool memiliki ukuran jumbo dibanding jenis kurma lainya, sehngga mudah dikenali. Indonesia sendiri bisa dikatakan menjadi pangsa pasar terbesar kurma jenis ini. Sekitar 70 persen kurma asal Amerika itu dijual di tanah air.

Tidak seperti jenis kurma lain diawetkan dengan madu, kurma medjool yang dijual di Indonesia dalam kondisi alami. Meski ukuranya super besar, namun kurma medjool memiliki rasa manis dan lezat sehingga banyak diminati. Ingin mencoba kurma medjool? cobalah menemukan toko yang jual kurma yang berkualitas premium, pasti ketagihan.

pixabay.com

Fakta 5, Kurma kualitas Premium

Kurma medjool merupakan salah satu jenis kurma berkualitas premium selain kurma timur tengah. Ini lantaran memiliki ukuranya yang superbesar dibanding jenis kurma lainya serta memiliki rasa yang manis dan lezat.

Kurma ini ditanam dan banyak ditemukan di Yuma, tepatnya di Arizona negara Amerika Serikat. Kawasan tanamnya menyerupai kondisi suhu dan geografis gurun layaknya di timur tengah, sehingga hasil kurma yang ditanam di tempat ini pun sama baiknya dengan yang ditanam di timur tengah.

Kurma medjool dikenal karena orisinilitasnya tanpa dilengkapi pengawet seperti madu, sehingga rasanya khas.

Fakta 6, Kaya Vitamin

Meski harganya relatif lebih mahal dibanding jenis kurma lainya, namun kualitas kurma medjool juga sebanding dengan mahalnya harga. Selain ukuranya jumbo dan rasanya manis,kurma medjool juga memiliki banyak vitamin didalamnya seperti berbagai macam vitamin B yang baik untuk degenerasi sel tubuh. Juga kaya akan kansunfan karote, zeaxanthin, lutein, yang berguna untuk membantu filtering tubuh.

Fakta 7, kaya nutrisi

Banyak sekali kandungan nutrisi didalam kurma medjool. Kurma dari negeri paman sam ini mengandung zat besi hingga satu mg. Juga terdapat banyak serat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan seperti melancarkan penceranaan, membuang kotoran tubuh, sampai dengan mencegah penumpukan kolesterol jahat ditubuh. Mengonsumsinya kurma medjool baik untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa penyakit.

Fakta 8, Baik Untuk Sistem Peredaran Darah

Fakta lainya kurma medjool, ternyata baik untuk memperlancar sistem peredaran darah lantaran memiliki nutrisi yang melimpah.

Kurma medjool juga mengandung potasium, yang membantu sistem peredaran darah, mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kurma satu ini juga membantu menjaga keseimbangan kadar oksigen dalam darah dan membentuk hemoglobin dalam sel darah. Mengonsumsi kurma medjool dapat membantu meningkatkan kesehatan, jadi jangan ragu mengonsumsinya.

Fakta 9, Masa berbuah

Tahukah kamu tentang masa berbuah kurma medjool?

Ditanam di kawasan yuma, arizona amerika serikat, kurma medjool akan berbuah setelah tiga sampai lima tahun sejak penanaman. Pohon kurma ini berbuah sempurna ketika berumur sekitar 12 tahun.

Ada juga kurma medjool yang tumbuh liar dikawasan perbatasan Iran dan Yordania. Namun kualitasnya tidak sebaik yang ada di Amerika Serikat lantaran memang dibudidaya dengan serius.

Nah itulah tadi 9 fakta menarik dari kurma medjool. Ternyata, bukan hanya di timur tengah yang menghasilkan kurma. Di Amerika pun membudidayanya, bahkan kualitas kurmanya bisa dibilang premium, memiliki bentuk super besar, rasa manis dan lezat juga mengandung banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Jika ingin mencoba kurma yang tak biasa, kurma medjool bisa menjadi pilihan tepat, meski harganya lebih mahal namun kualitas yang didapatkan pastinya sebanding.