Agar para jama’ah nyaman di masjid dan bisa beribadah dengan khusuk, maka perlu usaha yang maksimal dari segenap pengurus masjid. Masjid sebisa mungkin menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan agar jama’ah tidak sungkan atau merasa malas berjama’ah di dalamnya.

Hal ini memang menjadi tugas takmir atau pengurus yaitu berusaha sedemikian rupa untuk memakmurkan masjid. Ada banyak cara membuat jama’ah merasa nyaman berada di masjid. Karena jika mereka sudah merasa nyaman, mereka akan bisa beribadah dengan khusuk tanpa gangguan. Ulasannya bisa disimak di bawah ini ya.

Cara agar Jamaah Nyaman di Masjid

pixabay.com

Sediakan Penitipan Barang

Menyediakan layanan penitipan barang bisa menjadi cara paling efektif untuk membuat jama’ah merasa nyaman beribadah di masjid. Layanan ini harus diberikan khususnya oleh masjid besar di daerah perkotaan yang sering menjadi tempat singgah jama’ah dari jauh.

Oleh karena itu pasti mereka membawa barang-barang berharga, yang wajar sekali kalau mereka takut kehilangannya. Oleh karena itu dengan adanya jasa layanan penitipan barang, mereka akan bisa beribadah dengan nyaman tanpa khawatir memikirkan barang-barangnya yang berisiko hilang.

Jaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagaian daripada iman, maka tempat yang cocok untuk menerapkan hadits ini adalah masjid. Masjid sebisa mungkin harus bersih secara menyeluruh karena faktor ini lah yang bisa menjadi alasan utama jama’ah nyaman dan betah berada di masjid.

Banyak cara yang bisa dilakukan pengurus untuk membuat masjid terjaga kebersihannya. Misalnya membuat jadwal piket membersihkan masjid secara teratur. Yang dibersihkan tentu saja harus menyeluruh, mulai dari menyapu, mengepel, menyedot debu dari karpet, membersihkan gorden dan masih banyak lagi.

Kebersihan kamar mandi dan tempat wudhu juga harus terjaga, bahkan sebisa mungkin lebih maksimal. Tentu sudah menjadi kemakluman, akan muncul aroma tidak sedap jika kamar mandi tida dibersihkan dengan sempurna.

Berikan Fasilitas Masjid yang Nyaman

Jangan pernah ragu untuk mempergunakan uang infak jama’ah untuk menyempurnakan fasilitas masjid. Ya karena begitulah prinsip uang kotak amal, dari umat untu umat. Maksudnya sebisa mungkin uang infak tersebut dipergunakan untuk menyediakan fasilitas masjid yang akan membuat mereka nyaman.

Misalnya saja dibelikan karpet masjid yang empuk dan nyaman. Selain itu juga bisa untuk membeli kipas atau AC sehingga jama’ah tidak akan merasa gerah ketika sedang berjama’ah di masjid. Contoh lain masih banyak, intinya fasilitas masjid yang berkualitas terbaik akan membuat jama’ah merasa nyaman di masjid.

Sediakan Peralatan Beribadah

Pengurus juga harus menyediakan peralatan ibadah khusus untuk para musafir yang singgah di masjid, misalnya saja mukena, sarung hingga peci. Jangan lupa untuk rutin mencuci peralatan ibadah tersebut agar jama’ah nyaman memakainya ketika sedang beribadah.

Menjaga Keamanan Masjid

Cara efektif agar jama’ah merasa nyaman di masjid berikutnya adalah dengan menjaga dan meningkatkan keamanan masjid. Tentu Anda sering mendengar kejadian pencurian dan pembobolan kotak amal masjid. Ini lah yang terjadi jika masjid tidak dijaga dengan maksimal.

Penjagaan juga harus ditingkatkan terutama terkait dengan parkir, karena sejauh ini banyak kejadian curanmor yang ironisnya terjadi di masjid. Nah, dengan kemanan yang ditingkatkan, jama’ah tidak akan merasa khawatir sehingga bisa beribadah dengan tenang dan khusuk.

Tips Membangun Masjid yang Nyaman untuk Jama’ah

pixabay.com

Perhatikan Tempat dan Budaya

Jika ingin membangun masjid yang nyaman untuk jama’ah, sebaiknya untuk memperhatikan tempat dan budaya sekitar. Perhatikan juga aturan dan tata cara membanguan masjid apalagi jika berlokasi di kawasan minoritas. Selain itu corak dan arsitekturnya juga harus disesuaikan dengan tempat dan budaya di sekitarnya.

Sesuaikan dengan Kondisi Alam

Di Indonesia khususnya, pembangunan masjid harus disesuaikan dengan dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Jadi terkait material, sebisa mungkin harus tahan bertahun-tahun ditempa hujan dan panas. Tingkat kemiringan juga harus diperhatikan, karena untuk mencegah masuknya air ke masjid saat hujan.

Arsitektur Sesuai Kaidah

Arsitektur masjid juga harus sesuai dengan kaidah islam, dan tidak boleh melenceng sedikitpun. Begitu juga dengan detail pembangunan di dalamnya, misalnya saja arah kiblat yang harus pas, tempat wudhu yang harus dipisahkan antara pria dan wanita dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan tentang tips efektif agar jama’ah nyaman di masjid yang bisa dipraktikkan oleh pengurus masjid. Nah, dari beberapa tips di atas, salah satunya adalah mengenai karpet. Jama’ah memang akan merasa nyaman jika karpet masjid yang digunakan berkualitas terbaik tentu saja ya.