Al quran surat ibrahim  merrupakan salah satu surat di dalam al quran yang memiliki makna yang cukup dalam. Mempelajari surat ibrahim diharapkan akan menimbulkan kecintaan yang teramat dalam untuk semakin mempersiapkan diri dengan lebih baik dan terus-menerus termotivasi untuk terus berbuat kebaikan di muka bumi. Yuk pelajari surat ibrahim lebih dalam untuk membuat manusia lebih mencintai untuk berbuat kebaikan dibandingkan dengan berbuat kerusakan di muka bumi. Surat ibrahim memiliki banyak pengajaran penting bagi kehidupan manusia agar terus memperbaiki diri dan mempercayai kekuasaan allah swt dan juga mempercayai rosul yang diutus untuk memperbaiki sebuah kaum.

Yuk Pelajari Surat Ibrahim Lebih Dalam Agar Bertambah Ketakwaan

Surat ibrahim diturunkan untuk memberikan pengajaran kepada umat manusia akan pedihnya siksa yang akan diberikan kepada manusia yang senantiasa berbuat kerusakan di muka bumi. Jadi Yuk pelajari surat ibrahim lebih dalam agar manusia bisa memperoleh pelajaran berharga mengenai makna hidup yang sesungguhnya dan juga bagaimana bersikap di dalam kehidupan. Menjauhkan diri dari sifat merusak merupakan salah satu sifat yang paling utama yang paling dicintai allah swt. Sedangkan sifat yang merusak adalah merupakan sifat yang paling dibenci oleh allah swt. Sehingga bagi perusak dan yang selalu menghasut untuk melakukan kerusakan akan memperoleh siksa yang sangat pedih dari allah swt.

pixabay.com

Sesungguhnya Allah swt akan memberikan petunjuk kepada siapa saja yang dikenhendakiNYA dan akan memberikan kesesatan kepada siapa saja yang dikendakiNYA. Tujuanya adalah untuk memberikan petunjuk bahwa kekuasaan Allah swt itu tidak terbatas. Sehingga bagi kaum yang memiliki niat untuk melakukan kerusakan menjadi batal melakukannya karena takut dengan siksa yang akan ditimpakan oleh Allah swt.  Meskipun allah swt menakdirkan suatu kaum tetap berada dalam kesesatan dan menakdirkan juga suatu kaum untuk berada di jalan yang benar dan penuh dengan petunjuk, tentu saja  hal ini menjadi salah satu pelajaran penting bahwa menjaga diri dari kesesatan merupakan yang paling utama harus dilakukan oleh manusia agar terhindar dari kesesatan yang sifatnya abadi.

Sesungguhnya Allah swt memberikan petunjuk kepada suatu kaum agar kaum tersebut bertakwa kepada allah swt melalui kehadiran rosulNYA. Seorang rosul diutus untuk mengeluarkan kaumnya dari kehidupan yang gelap gulita menjadi kehidupan yang penuh terang benderang yang menandakan sekaligus menunjukkan bahwa allah itu maha memiliki kekuasaan yang tinggi sekaligus kekuasaannya sangat besar terhadap apa yang ada di alam semesta. Petunjuk dan kehidupan yang terang benderang merupakan sebuah anugerah bagi orang-orang yang mau bersabar dan juga bagi orang-orang yang mau bersyukur atas apa yang sudah diberikan kepadanya. Kehidupan terang benderang tersebut menjadi salah satu tujuan penting yang akan dicapai orang beriman sebagai sebuah hadiah terindah atas rasa syukur dan juga kesabaran yang dimilikinya.

unsplash.com

Makna Surat Ibrahim

Memaknaik surat ibrahim dengan mempelajarinya tentu akan memberikan sejuta hikmah yang mendalam. Jadi Yuk pelajari surat ibrahim lebih dalam agar manusia lebih mengetahui apa yang harus dilakukan di muka bumi. Allah swt mengingatkan kepada umatnya yang beriman bahwa ketika nabi musa diutus dan diselamatkan beserta kaumnya yang beriman dari kekuasaan fir’aun beserta para pengikutnya yang kejam. Pada saat itu nabi musa diselamatkan dari siksaan yang diberikan kepada nabi musa beserta kaumnya. Allah swt menyelamatkan nabi musa dan kaumnya merupakan sebuah anugerah serta nikmat yang tiada tandingannya.

Tidak ada satu nikmatpun di muka bumi kecuali atas izin allah swt. Sehingga bagi kaum yang beriman memiliki rasa syukur atas apa yang sudah dikaruniakan kepadanya terutama berupa karunia nikmat yang cukup banyak inilah yang menjadikan sebuah kaum menjadi memiliki tujuan yang sebenarnya. Kaum yang senantiasa memiliki rasa syukur merupakan kaum yang beruntung. Termasuk kaum yang sabar akan memperoleh balasan yang setimpal kelak di hari akhir. Tentunya dengan bersyukur serta memiliki rasa sabar yang dalam membuat kaum nabi musa selamat dari kaum fir’aun yang kejam. Sehingga karunia nikmat keselamatan ini harus dimaknai dengan terus berbuat dan menebar kebaikan di muka bumi.

unsplash.com

Memperbaiki bacaan surat ibrahim memiliki maksuda dan tujuan yang sangat baik. Terutama untuk mengingatkan umat manusia atas apa yang sudah dikaruniakan kepadanya. Terutama nikmat yang jumlahnya cukup banyak dan sudah tidak terhitung lagi nikmat yang diberikan kepada manusia. Karunia keselamaran dan juga nikmat itulah yang menjadikan seorang manusia menjadi selamat dari kerusakan yang ada di muka bumi. Setidaknya dengan memiliki rasa syukur menambah keimanan dan juga semakin mempercayai bahwa kekuasaan allah swt itu tidak terbatas jumlahnya. Sehingga manusia tidak seharusnya menyebabkan kerusakan di muka bumi yang merupakan hasil ciptaan allah swt yang harus dijaga dengan baik. Setidaknya hikmah dari surat ibrahim adalah manusia hendaknya menjaga diri dari sifat merusak di permukaan bumi sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang sudah dikaruniakan kepada manusia dari allah swt tuhan yang maha perkasa lagi maha pemilik segala sesuatunya yang ada di muka bumi ini.

 

 

Yuk Pelajari Surat Ibrahim Lebih Dalam Agar Semakin Takwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Example Widget

This is an example widget to show how the Left sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.

Example Widget

This is an example widget to show how the Right sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.