Tuntunan Ucapan Untuk Orang Sakit Yang Benar Menurut Islam

Pada dasarnya ucapan untuk orang sakit adalah sebuah ucapan yang di dalamnya mengandung doa untuk kesembuhan. Ucapan tersebut bisa diucapkan dengan berbagai jenis bahasa. Artinya menyesuaikan bahasa yang bisa dipahami oleh orang yang sedang sakit.

Namun terkadang supaya tampak lebih keren atau lebih religius, banyak yang memilih menggunakan bahasa Arab. Namun sayangnya terkadang apa yang diucapkan justru salah alamat jika dilihat dari segi tata bahasanya.

Misalnya saja seperti syafakallah dan syafakillah yang secara arti memiliki arti yang sama yakni“semoga Allah menyembuhkan kamu”. Tapi dari segi pengunaannya berbeda. Jika syafakallah ini ditujukan untuk laki-laki. Sedangkan syafakillah ditujukan untuk perempuan.

Selain syafakallah dan syafakillah ada doa untuk orang sakit yang secara arti sama namun secara penggunaannya berbeda, yakni syafahullah dan syafahallah. Secara arti memang sama yakni ‘semoga Allah menyembuhkannya”. Namun secara penggunaannya berbeda.

Syafahullah ditujukan untuk laki-laki. Sedangkan syafahallah ditujukan untuk perempuan. Selain itu keduanya digunakan untuk orang ketiga. Artinya orang yang Anda doakan tersebut bukan orang yang secara langsung Anda ajak bicara.

Write a comment