Berlibur sendiri atau solo traveling saat ini memang sedang tren. Menjelajah beberapa tempat wisata seorang diri memang lebih leluasa karna bisa mengatur jadwal sesuai keinginan sendiri. Mungkin memang beberapa orang sering mengunakan jasa tour travel, namun tidak ada salahnya untuk mencoba bersolo travel. Nah, bagi anda yang ingin wisata ke Pulau Seribu ala Backpacker yuk simak ulasannya berikut.

Panduan Liburan ke Pulau Seribu Tanpa Travel Agent

  1. Melakukan Perencanaan Yang Matang

Saat kamu memutuskan untuk melakukan liburan ala backpacker, maka kamu harus melakukan riset sebelum kamu memulai perjalanan. Riset meliputi tempat tujuan hingga bagaimana akses dan cara menuju Pulau Seribu. Saat ini sudah banyak informasi yang bisa kamu akses. Beberapa diantara bisa melalui teman atau kenalan yang pernah melakukan perjalanan ke Pulau Seribu. Kamu juga bisa mencari di internet untuk beberapa kebutuhan lainnya.

Setelah kamu mengantongi banyak informasi, kamu sudah bisa menyusun jadwal liburan kamu. Selain jadwal yang pasti, kamu juga harus sudah memperkirakan biaya yang akan kamu keluarkan untuk setiap aktivitas. Kamu bisa mencontoh beberapa itinerary milik travel agent yang miliki paket wisata ke Pulau Seribu. Tentunya ini akan memudahkan kamu dalam memaksimalkan liburan solo traveling kamu.  Ayo segerakan rencanakan perjalanan kamu.

stocksnap.io
  1. Menyiapkan Barang Yang Akan Dibawa

Informasi yang kamu kumpulkan juga akan berguna untuk kamu menyiapkan barang barang yang kamu butuhkan. Ada baiknya kamu membawa barang secukupnya sesuai berapa lama rencana kamu liburan. Apalagi backpacker identik dengan ransel bukan koper,sehingga kamu harus benar benar membawa barang yang dibutuhkan saja.  Selain agar tidak berat juga agar tidak ada barangnya yang tidak berguna. Jangan lupa untuk penuhi baterai ponsel dan kamera kamu.

  1. Mencari Penginapan Yang Strategis

Penginapan juga harus kamu siapkan ketika akan melakukan perjalanan solo traveling. Ada baiknya kamu memesan jauh jauh hari untuk mendapatkan penginapan yang kamu inginkan dan juga harga terbaik. Kamu juga harus memastikan bahwa penginapan yang kamu pilih adalah tempat yang aman dan nyaman. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang menawarkan penginapan dengan harga yang terjangkau dan bervariasi.

Apabila kamu masih ragu, saat wisata ke Pulau Seribu kamu bisa mencari penginapan yang memiliki banyak review bagus dan tentunya rekomended. Jika tidak memesannya melalui internet, kamu juga bisa mencari informasi di sekitar tempat wisata Indonesia satu ini. Karena, sudah banyak penduduk sekitar yang menyewakan rumahnya sebagai home stay selama musim liburan. Hal ini akan membuat kamu bisa berinteraksi dengan warga sekitar.

stocksnap.io
  1. Gunakan Guide Lokal atau Mendekati Penduduk Sekitar

Masyarakat Indonesia terkenal sebagai warga yang ramah apalagi kepada wisatawan. Tak ada salahnya kamu mengenal atau beramah tamah dengan penduduk sekitar ketika sampai di Pulau Seribu. Tak jarang mereka akan memberikan informasi yang kamu butuhkan Cuma Cuma. Jika memang tidak ada kamu juga masih bisa mengunakan guide lokal untuk memandu menjelajah Pulau Seribu. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih aman.

Namun semua pilihan ada di tangan kamu, ketika kamu tidak gunakan guide juga tidak masalah. Sebaiknya kamu tetap berkomunikasi dengan masyarakat sekitar agar  ketika kamu membutuhkan bantuan mereka dengan senang hati membantumu. Karena kamu tidak akan pernah tahu kendala apa yang akan kamu hadapi selama kamu ke Pulau Seribu. Sebelum kamu meminta bantuan, ada baiknya kamu memastikan orang tersebut terpercaya.

stocksnap.io
  1. Sebaiknya Tidak Makan Dekat Tempat Wisata

Untuk menghemat pengeluaran ketika wisata ke Pulau Seribu, sebaiknya kamu memilih tempat makan yang tidak dekat pantai. Karena harganya pasti akan lebih mahal daripada kamu makan di tempat yang agak jauh. Ada baiknya kamu memanfaatkan informasi dari penduduk sekitar agar kamu bisa mendapatkan makanan yang enak tapi juga murah. Beberapa warung dan tempat makan di jalan menuju Pulau Seribu memiliki harga yang miring.

Beberapa homestay juga ada yang menyediakan peralatan memasak. Untuk meminimalisir waktu dan juga tentunya budget kamu bisa membuat sarapan atau makan malam sendiri. Namun, kamu tentu saja tidak bisa memasak yang ribet, mie instan atau segelas kopi mungkin bisa kamu lakukan sendiri. Memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal.

  1. Selalu Hati Hati

Menjadi solo traveling memang mengasyikkan, namun kamu harus tetap hati hati ketika mengunjungi beberapa tempat wisata di Indonesia. Menjaga barang bawaan serta barang berharga harus kamu utamakan. Jangan sampai kamu lengah atau ceroboh karena selain barang berharga kamu juga memiliki dokumen yang tak kalah berharga. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan tak ada salahnya kamu memilih tempat yang rame ketika wisata ke Pulau Seribu.

Pulau Seribu merupakan salah satu tujuan yang sangat dekat dengan Jakarta. Sehingga bisa menjadi pilihan ketika sudah bosan dengan mall dan pusat perbelanjaan. Namun, bagi kamu yang berada di luar kota, juga tidak ada salahnya untuk menjelajah pulau cantik satu ini. Tentunya akan membuat liburan kamu semakin berkesan. Tak hanya itu, perjalanan ala backpacker juga sebagai salah satu menantang diri sesekali. Ayo liburan!

Sebelum Solo Traveling, Yuk Cari Tahu Panduan Wisata Ke Pulau Seribu Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Example Widget

This is an example widget to show how the Left sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.

Example Widget

This is an example widget to show how the Right sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.