Salah satu julukan populer kabupaten kudus adalah kota kretek. Ini lantaran kudus memang penghasil kretek terbesar di Jawa Tengah. Selain dikenal karena kretek, Kabupaten yang berada di jalur pantura ini juga menyimpan berbagai pesona menarik. Seperti sejarah dan alamnya.

Tentang Kabupaten Kudus

Administratif

Kabupaten Kudus terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 51 kilometer dari kota Semarang. Di sebelah barat, kabupaten Kudus berbatasan dengan Jepara. Di sebelah timur dengan Kabupaten Pati. Sedangkan di Selatan, Kudus berbatasan dengan kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Kabupaten Kudus terdiri dari 123 desa, 9 kelurahan dan 9 Kecamatan.

Geografis

Wilayah Kudus didominasi dataran rendah. Kudus juga memiliki beberapa pegunungan hijau dan sungai sungai mengalir jernih. Nama Gunung Muria menjadi salah satu yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi baik warga setempat maupun dari berbagai daerah. Sedangkan sungai tebesar di Kudus yakni  Kali Serang, yang mengalir di sebelah barat  yang membelah kudus dan Demak.

Julukan

Selain dijuluki kota Kretek, ada beberapa julukan unik lain kota kudus. Antara lain, kota santri. Dijuluki demikian lantaran banyak yang nyantri di Kudus. Dalam sejarahnya, Kudus menjadi salah satu pusat perkembangan agama Islam di Nusantara abad pertengahan.

Julukan lainya yakni Kota semarang, singkatan dari Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri dan Konstitusional. Beberapa julukan juga disematkan pada Kudus sseperti kota jambu bol, jerusalem van java dan tentu saja kota kretek.

Pariwisata

Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kabupaten Kudus. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga, wisata kuliner, wisata malam, sampai dengan wisata ziarah dan wisata sejarah. Jika berada di Kudus, sempatkan mampir ke beberapa tempat ikonik seperti masjid menara kudus, berziarah ke makam para wali.

Bagi pecinta alam, anda juga bisa menjelajahi berbagai tempat-tempat alami seperti air terjun atau mendaki gunung Muria untuk menikmati keindahan alam dan meresapi sejarah dibalik tempat itu. Jangan lupa mampir untuk menjajal berbagai kuliner di pusat-pusat kuliner Kudus seperti di Sempalan Indah di Alun-Alun Simpang 7 dan ditempat lainya.

 

KABUPATEN KUDUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Example Widget

This is an example widget to show how the Left sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.

Example Widget

This is an example widget to show how the Right sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.