Renminbi merupakan mata uang china yang secara resmi diperkenalkan sejak tahun 1949. Saat itu, sebagian masyarakat juga menyebutnya sebagai uang RRC. Akan tetapi, terkadang anda bingung dengan istilah yuan dan renminbi. Untuk lebih mudahnya yuan adalah nama satuannya, seperti harga tas ini seniai 10 yuan. Nah, untuk mata uangnya sendiri disebut dengan renminbi. Selain itu, ada lagi keunikan dari mata uang negeri tirai bambu ini. Berikut ulasannya.

Fakta Unik Menganai Mata Uang Negara China

  1. Sebagai Uang Kertas Yang Pertama Di Dunia

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum tahu bahwa penemu kertas berasal dari negara china. Kertas ini ditemukan oleh Tsai Lun yang merupakan seorang kasim dari Dinasti Han lah yang menemukan proses pembuatan kertas pada tahun 105. Dulunya, masyarakat hanya menulis pada kayu, tulang, kerang dan kulit pohon serta bambu.

Akan tetapi seiring dengan berjalanannya waktu, masyarakat pun mulai menggunakan kertas sebagai media untuk menulis. Hal ini pula yang terjadi pada uang kertas, dimana orang yang pertama kali menggunakan kertas adalah mata uang China. Meskipun pada awalnya, basis penghitungan masih berupa koin tembaga. Uang kertas sendiri di China, dituliskan pada jaman Dinasti Song.

  1. Bukan Merupakan Alat Pembayaran Di Hongkong Dan Macau

Meskipun renminbi merupakan alat pembayaran yang resmi di China, akan tetapi di daerah Hongkong dan Makau ternyata juga mempunyai mata uang resmi sendiri. Seperti halnya Hongkong yang memiliki mata uang berupa dollar Hongkong dan Makau yang menggunakan Pataca. Hal ini terbukti pada beberapa toko yang berada di Hongkong yang menolak jika menggunakan transaksi dengan mata uang negara China ini.

  1. Memiliki Jiao dan Fen

Jika pada rupiah anda mengenal istilah sen, maka Renminbi atau Yuan pun juga demikian. Tetapi nama pecahan kecilnya yakni Jiao dan Fen. Untuk nilai mata uangnya sendiri meliputi 1 Yuan yang berarti setara dengan 10 Jiao yang setara denan 100 Fen. Akan tetapi, pada pecahan Renminbi yang terakhir, sudah tidak terdapat lagi pecahan Fen. Pecahan terkecil dari mata uang negara ini adalah dalam bentuk koin yakni benilai 0,1 yuan yang berarti 1 Jiao dan 0,5 yuan yang setara 5 Jiao.

 

 

Kenali Fakta Unik Dari Mata Uang China

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Example Widget

This is an example widget to show how the Left sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.

Example Widget

This is an example widget to show how the Right sidebar looks by default. You can add custom widgets from the widgets screen in the admin. If custom widgets are added then this will be replaced by those widgets.